Konservasi Penyu di Pulau Kelapa Dua

Jakarta tak hanya tentang hutan beton dan kemacetannya yang tiada henti. Jakarta juga punya sisi manis untuk makhluk kecil bernama Penyu Sisik.

Tempat konservasi ini berada di tepi pantai pulau Kelapa Dua. Dari Pulau Harapan, butuh waktu sekitar 10 menit naik perahu untuk sampai ke Pulau Kelapa Dua.

Telur-telur penyu yang ada di pusat penangkaran ini diambil dari pulau-pulau yang ada di wilayah kerja Taman Nasional, yaitu pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan Pulau Seribu Utara.

Biasanya penyu akan bertelur pada bulan Januari hingga Maret. Untuk mengambil telur-telur ini, pihak Taman Nasional sudah mempunyai orang-orang yang mengetahui jejak penyu yang akan bertelur. Sekali bertelur, penyu mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan telur.

Image result for penangkaran penyu pulau kelapa

Telur yang ditemukan akan dimasukkan ke dalam ember berisi pasir. Di sini telur akan didiamkan selama lebih kurang 2 bulan hingga menetas. Walaupun di Taman Nasional ini banyak dijumpai Penyu Sisik, tapi seringkali juga ditemukan penyu jenis lain karena di sini adalah perairan bebas.

Image result for penangkaran penyu pulau kelapa

Jika berkunjung ke pusat penangkaran penyu ini, kita perlu juga menjaga kenyamanan para penyu-penyu ini. Jika anda memotret penyu maka usahakan jangan memakai lampu apalagi ketika memotret penyu dewasa yang akan bertelur. Ini karena cahaya bisa mengganggu psikomotorik mata penyu. Kamu juga harus tahu kalau penyu bertelur di tempat yang gelap tanpa cahaya sama sekali.

Image result for penangkaran penyu pulau kelapa

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s