Berkunjung ke Rumah si Pitung

Si Pitung.. pasti sudah tidak asing dengan nama ini bukan? Ya, nama si Pitung memang sangat terkenal dan sudah sangat melekat dengan kehidupan orang Betawi sejak jaman dahulu. Ia menjadi legenda bagi warga Betawi dan menjadi sosok yang dikagumi oleh masyarakat, karena ia adalah sosok yang suka membela kebenaran dalam menghadapi ketidakadilan yang ditimbulkan oleh penguasa Hindia Belanda pada masa itu.

Sayangnya sosok Si Pitung meninggal pada usia yang masih tergolong sangat muda, yaitu saat ia berusia 28 tahun. Sebenarnya, Si Pitung berasal dari kampung Rawabelong, Jakarta Barat. Tetapi ia diyakini nyata keberadaannya oleh para tokoh bahwa ia bersembunyi di daerah Kampung Marunda. Nah, anda bisa mengunjungi rumah si Pitung ini.

Displaying peristiwa-rumah-si-pitung-27.jpg

Rumah Si Pitung berbentuk panggung, adanya di Jl. Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Sebuah bangunan yang menjadi saksi saat konspirasi haji saifudin dan pitung berlangsung.

Dari tempat ini anda dapat melihat beranda belakang rumah panggung bergaya Bugis dari Sulawesi, dengan sejumlah perabotan rumah tangga dan caping terbuat dari bambu yang bergelantungan.

Displaying rumah-si-pitung-di-marundajpg-u5Rn.jpg

Tidak hanya itu, tepat berada di depan rumah Si Pitung tadi, terdapat 2 bangunan yang berdiri, yaitu mushola dan galeri yang suasananya sejuk dan dipagari oleh pohon bakau. Pada jaman dahulu, mungkin dari sini kita dapat melihat laut utara jawa, tetapi kini dari sudut yang sama kita dapat melihat dermaga kapal niaga.

Wisata Kuliner

Bagi anda yang menyukai wisata kuliner, anda bisa menemui beberapa makanan khas laut dekat rumah si Pitung. Seperti kerang hijau, ikan laut dan masih banyak lagi. Selain itu, kita dapat berkeliling kampung menggunakan kapal perahu nelayan, dan anak-anak juga bisa berenang di tepi laut dengan menggunakan ban pelampung. Anda bisa menikmati makanan ini di saung yang berjejer rapi, sambil menikmati semilir angin laut.

Image result for pantai marunda

Jadi, apakah anda berminat untuk mengunjungi rumah Si Pitung ini? Datanglah sekali agar kita tahu bagaimana sejarah pada jaman dahulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s